Sunday, July 17, 2005

Buku baru ..

Kemarin dalam perjalanan pulang, mata saya terpancang pada 2 buah buku di toko tempat kami transit. Penerbitnya memang 'berat' dan biasanya tidak pernah saya lirik, Harvard Business School Press. Bukunya berjudul Organizational Learning dan Knowledge Management.

Buku Organizational Learning berisi topik seperti Communities of Practice: The Organizational Frontier, How to Capture Knowledge Without Killing It, What is Your Strategy for Managing Knowledge, Coevolving: At Last, a Way to Make Synergies Work, Organigraphs: Drawing How Companies Really Work, Stop Fighting Fires, dan lain-lain.

Sementara buku Knowledge Management berisi topik seperti The Coming of the New Organization, The Knowledge-Creating Company, Building a Learning Organization, Teaching Smart People How to Learn, Putting Your Company's Whole Brain to Work, dan seterusnya.

Topik-topik di atas sangat-amat-luar-biasa menarik bagi saya. Sudah sering kita bicara mengenai knowledge sharing (blog ini salah satu medianya). Kita buat intranet di perusahaan kita, kita buat FAQ mengenai pekerjaan kita, kita sebarkan best practices. Kita coba buat Knowledge Base, kita selenggarakan pertemuan-pertemuan para expert untuk satu bidang tertentu sebagai bagian knowledge sharing, dan banyak lagi inisiatif yang telah kita lakukan atau sedang kita implementasikan.

Namun, mungkin goals knowledge management ini harus 'ditarik' lebih jauh lagi. Seperti kata Covey, "Begin with end in mind". Kita harus taruh cakrawala, jarak pandang kita lebih jauh lagi. Apakah hal-hal di atas sudah cukup? Atau kita harus aiming sesuatu yang lebih besar lagi?

Dari topik-topik di atas yang langsung menyentak otak saya sebagai cakrawala yang harus dicanangkan adalah:
- Putting Your Company's Whole Brain to Work
- Building Learning Organization
- Teaching Smart People How to Learn

Kemarin sore, saya sempat baca topik pertama, "Communities of Practice: The Organizational Frontier". Seperti saya duga, isinya bagus sekali. Namun juga 'berat' sekali hehehe .... perlu dibaca berulang kali agar bisa diambil sari-madunya untuk diimplementasikan pada pekerjaan sehari-hari.

Di toko buku itu saya lihat juga banyak buku lain yang juga menarik dari penerbit ini, misalnya mengenai leadership, innovation, management. Untung juga nggak beli buku-buku ini. Selain 2 buku ini bakal menyedot energi saya, kantong juga sudah tipis ... :-P

Bagaimana dengan anda, anda penggemar buku terbitan Harvard Business School Press?

2 comments:

Anonymous said...

knowledge sharing, or more precisely, information sharing, is what my boss should learn :D apa dibeliin buku kayak gini yah, biar jadi manajer yang lebih baek :D

zuki said...

Daripada ngomelin si boss yang nggak kejuntrungan (hehehe ... abis kenal sih orangnya), apa nggak lebih baik perubahan itu datang dari kita? Misalnya beliin dia buku, ajak diskusi. Suruh dia melototi blog kita dll.

Coba baca posting saya yang terbaru mengenai Merubah Dunia!

But ... kalau emang terlalu susah ... kali lebih baik energinya difokuskan untuk yang lain ... :-P